INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA CONDONGCAMPUR KECAMATAN SRUWENG KABUPATEN KEBUMEN

GEBAS GUNUNG CONDONG DIBULAN SURA

GEBAS GUNUNG CONDONG DIBULAN SURA

Gunung Condong adalah sebuah bukit yang berada di wilayah Desa Condongcampur Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen,kawasan yang berada di ujung paling utara Kecamatan Sruweng.

Gunung Condong sebuah bukit yang keberadaannya sangat disakralkan oleh masyarakat setempat karena di atas puncaknya ada suatu Situs peninggalan Pangeran Turnnojoyo yang berasal dari Mataram.

Menurut adat warga setempat bahwa Gunung Condong bahwa kawasan itu merupakan kawasan keramat terbukti banyak warga pendatang dari luar desa yang mengadakan ritual di Puncak tersebut.

Sesuai dengan kebijakan lokal desa setiap bulan Sura diadakan Gebas Gunung dan setelahnya diadakan selamatan,yang dilaksanakan di lapangan puncak.Akan tetapi untuk saat ini dilaksanakan dilapangan Gazebo kawasan wisata setelah Gunung Condong diadakan pembangunan kawasan wisata religi.

Rasa kepedulian masyarakat dalam hal pemeliharaan kawasan alam,gebas dilaksanakan oleh seluruh masyarakat dewasa laki-laki maupun perempuan.Wujud  syukur masyarakat Desa Condongcampur tercermin dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dengan setelahnya diadakan syukuran/selamatan.

Semoga menjadikan referensi bagi semua. 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan
Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards
Puluhan Ribu Warga Padati Alun-alun Pancasila, Nobar Timnas U-23 vs Uzbekistan

Arsip Berita

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3